Datang Pakai Visa Turis Pulang Bawa Tubercolusis (Kisah TKI Tulungagung yang Harus Menderita TBC Setelah 6 Bulan Bekerja di Taiwan) - Berikut Cara Mencegah Penyakit TBC

Datang Pakai Visa Turis Pulang Bawa Tubercolusis (Kisah TKI Tulungagung yang Harus Menderita TBC Setelah 6 Bulan Bekerja di Taiwan) - Berikut Cara Mencegah Penyakit TBC

SUARABMI.COM - Masih ingat kasus yang viral beberapa waktu lalu, dimana seorang TKW Kaburan Taiwan pengguna narkoba ngamuk - ngamuk di mobil Mbok Cikrak?

Kalau kita perhatikan, didalam mobil itu ada seorang pria yang terlihat diam dan tenang di pojokan bangku kedua, dialah Aziz, TKI asal Tulungagung yang menderita penyakit berbahaya dan menular.

Abdul Aziz (24) adalah TKI kaburan yang datang 6 bulan lalu ke Taiwan menggunakan visa turis dan kini ia menyerahkan diri karena kondisinya yang sakit.

Sesaat setalah itu, Aziz pun dibawa kerumah sakit Taoyuan untuk pemeriksaan dan tes dahak serta tinja.

Mengejutkan, ternyata Aziz mengidap TBC atau tuberculosis, yaitu infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

Karena penyakit ini, Aziz harus mendapat perawatan di ruang isolasi dengan biaya yang tidak murah, biaya pengobatan ini adalah NT$ 7000 per hari dan harus menjalani perawatan selama  bulan.
[post_ads]
Status Aziz yang merupakan ilegal akan sangat sulit mendapatkan biaya askes dan dipastikan tidak ada, dia hanya berharap ada solusi untuk pengobatan dirinya.

Namun berkat perjuangan para relawan BMI, akhirnya Aziz mendapat bantuan dari Departemen Kesehatan Taiwan atas rujukan dari Mbok Cikrak kemarin (13/7).

Semangat Ziz, semoga penyakitmu segera sembuh dan engkau bisa kembali ke Indonesia dengan selamat berkumpul bersama keluargamu.

Bagi yang swasta, berhati hatilah jangan memaksakan diri untuk bekerja saat dirimu mengetahui engkau sudah tak mampu lagi. Sayangi kesehatanmu.

Lalu,  bagaimana mencegahnya? Menurut Dokter, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit TBC Paru.

1. Hindari kontak dengan penderita TBC
Sebisa mungkin hindari kontak dengan penderita batuk khususnya TBC. Meski demikian, jangan sampai mendiskriminasi para penderita.

2. Gunakan Masker
Selalu sediakan masker saat berada di tempat umum terutama dalam ruangan tertutup seperti bus, pesawat, kereta api, dan mal. Masker dapat mencegah penyebaran kuman TBC.
[post_ads_2]
3. Ventilasi atau saluran udara yang baik
Ventilasi dan saluran udara yang baik dapat menghambat penyebaran kuman TBC. Bakteri tersebut dapat berkembang biak di lingkungan yang lemban. Bakteri TBC juga bisa mati jika terkena cahaya matahari langsung.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Sistem imun yang rendah membuat penularan TBC akan semakin mudah. Hindari gaya hidup yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun seperti merokok dan begadang. Tingkatkan daya tahan tubuh denagn istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi.

5. Pemeriksaan
Jika terpapar dengan pasien TBC segera lakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan.

sumber: Mbok Cikrak, YurongTW, facebook