Blokir CCTV Majikannya Menggunakan Alat Canggih Ini Karena Risih Diintai, TKW Hongkong Ini Malah Terancam Denda HK$50.000 dan 6 Bulan Penjara

Blokir CCTV Majikannya Menggunakan Alat Canggih Ini Karena Risih Diintai, TKW Hongkong Ini Malah Terancam Denda HK$50.000 dan 6 Bulan Penjara

SUARABMI.COM - Seorang majikan di Hongkong bingung lantaran CCTV portable yang ia pasang tak dapat diakses melalui jaringan wifi untuk memantau kondisi dirumah.

Majikan yang bermarga Chan, yang mempekerjakan seorang pekerja rumah tangga Filipina untuk merawat anak-anaknya, memasang webcam sehingga istrinya dapat memantau apa yang terjadi di rumah mereka.

Tetapi istri Chan menemukan webcam tidak berfungsi dengan baik dan meminta teknisi untuk memeriksa - dan menemukan sinyal WiFi normal. Dia membeli router baru tetapi tetap saja CCTV tak bisa dipakai.
[post_ads]
Seorang teman keluarga yang merupakan pakar IT curiga bahwa sinyal WiFi telah diblokir menggunakan alat tertentu.

Untuk memeriksa ini, istri majikan memindahkan koper milik pekerja rumah tangga ke lobi bangunan ketika pekerja sedang berlibur. Anehnya, sinyal WiFi di rumah kembali normal. Dan ketika sang istri membawa koper kembali, sinyal WiFi diblokir lagi.

Majikan curiga bahwa pekerja rumah tangga telah menyembunyikan sebuah perangkat di dalam koper yang dapat mengganggu sinyal WiFi, menghalangi webcam untuk beroperasi.

Majikan curiga bahwa pekerja itu tidak ingin dimonitor di kamera. Namun, laporan itu tidak mengatakan apakah majikan menemukan perangkat di koper pekerja atau tidak.
[post_ads_2]
Prangkat anti wifi seperti ini dapat dengan mudah ditemukan di Taobao.com, situs web belanja Cina. Gadget yang memblokir sinyal WiFi dipromosikan sebagai perangkat untuk "membebaskan anak-anak Anda dari kecanduan internet" dan dijual seharga sekitar 118 yuan Cina (US $ 17).

Tetapi alat ini ilegal. Menurut Undang-Undang Telekomunikasi, merupakan pelanggaran bagi siapa pun untuk memiliki peralatan radio (termasuk radio jammer) tanpa lisensi yang sah, atau dengan sengaja menggunakan peralatan radio tersebut untuk menyebabkan interferensi berbahaya dengan peralatan radio yang sah.

Seseorang yang menggunakan peralatan ini dapat dikenai denda hingga HK $ 50.000 (90 juta) atau penjara enam bulan.