Gara-gara Lupa Perpanjang Visa Hingga Telat 3 Hari, Seorang TKW Hongkong Diperas Lotus Employment Agency Sebesar HK$1200

Gara-gara Lupa Perpanjang Visa Hingga Telat 3 Hari, Seorang TKW Hongkong Diperas Lotus Employment Agency Sebesar HK$1200

SUARABMI.COM - Seorang BMI Hongkong harus membayar agensinya sebesar HK$ 1200 karena kelupaan memperpanjang visa kerjanya hingga telat 3 hari.

Berikut kisah lengkapnya,

Nama saya Amanda, saya mendapatkan visa kerja tanggal 3 Mei 2018, dan masuk ke rumah majikan kisaran tanggal belasan. Jadi begitu turun visa saya tidak langsung mulai kerja.

Nah saya lupa bahwa visa saya turun lebih awal dari tanggal saya masuk kerja, yang saya ingat bukan tanggal visa tapi malah tanggal saya mulai kerja yaitu pertengahan Mei. Jadi, saya berniat jutking (keluar Hong Kong sebelum satu tahun masa kontrak berlaku seperti instruksi Imigrasi) pada pertengahan bulan Mei sekalian pingin jalan-jalan ke Macau.

Namun ternyata tanggal 5 Mei 2019, majikan menerima surat dari Imigrasi yang mengingatkan bahwa visa saya habis. Lalu majikan meminta saya menghubunggi agen saya, Lotus.
[post_ads]
Namun karena majikan meminta saya menghubungi agen, akhirnya saya datang juga ke agen. Ketika saya mengatakan saya lupa jutking, agen marah-marah dan menakut-nakuti. Katanya saya bisa dipenjara dan bla bla bla.
Awalnya yang marahin saya itu staf Indonesia di agen tersebut, tapi kemudian orang-orang yang bekerja di agen ikut melemparkan komentar dan menakut-nakuti saya seolah-olah saya sedang menghadapi bahaya. Saya bakalan dimarahin petugas imigrasi, didenda dan dipenjara. Saya jadi nerveous juga.

Setelah dimirahin dan diancam, saya diharuskan membayar HK$1200 untuk permohonan perpanjangan visa ke Imigras. Saat itu agen bilang dengan membayar sebesar itu saya terima beres dan kalau saya memaksa untuk mengurus sendiri visa saya, visa saya bisa saja tidak diturunkan atau Imigrasi tidak kasih visa.

Setelah selesai membayar uang, mereka minta saya datang lagi esok harinya untuk mengambil surat dan semuanya bakalan beres di tangan agen.

Keesokanya saya datang, dan agen minta saya membawa pulang surat untuk ditandatangani majikan, dan saya harus berangkat jam 2.30 malam! Saya mesti berangkat dari North Point ke Wancai untuk ngantri sendiri.

Disini saya baru sadar saya dibohongi, saya beranikan ngomong meski suara saya serak hampir tidak kedengaran karena sedang sakit tenggorokan, "kenapa saya harus berangkat jam segitu kalau saya sudah membayar sebanyak itu?'

Agen menjawab; "lah itu kan visa kamu, kalau bukan kamu yang ngerjain siapa yang bakal perpanjang?"

Damn! Di situ saya muak, saya tertipu! Saya segera pulang dan memberikan surat ke majikan untuk ditandatangani, dan malamnya berangkat ke Imigrasi. Di Wan Check ketika sampai, ternyata sudah banyak teman sesama PMI yang antre. Saya habiskan waktu menunggu dengan duduk di jembatan bersama mereka.

Jam 7 satpam Imigrasi minta kami berdiri membuat dua barisan di depan pintu masuk, berdiri sampai jam 8.30 sampai pintu Imigrasi dibuka dan kami boleh naik untuk mengambil nomer urut.

Agen yang sebelumnya mengatakan ada stafnya akan mendapingi saya jam 10, ternyata staff hanya datang untuk memberi cek bertuliskan uang pembayaran ke Imigrasi yaitu HK$ 230, lalu pergi begitu saja dengan alasan harus jemput anak yang baru datang dari Indonesia.

Ketika tiba giliran, nama saya dipanggil petugas imigrasi. Saya menghampiri konter dan mereka hanya memberi tahu bahwa saya harus jutking dalam kurun waktu seminggu ini. Selain itu saya diminta membuat surat yang isinya saya sudah paham kewajiban untuk jutking. Petugas imigrasi juga meminta majikan membuat surat yang sama.
[post_ads_2]
Setelah menunggu beberapa waktu nama saya dipanggil lagi, kali ini petugasnya beda dan dia memberi surat pengantar untuk diberikan ke imigrasi ketika saya ke Macau karena mereka tanya saya mau jutking kemana.

Ketika saya bertanya apakah ada masalah, petugas bilang semuanya selesai tinggal tunggu panggilan untuk bayar di loket.

Beberapa waktu kemudian saya diminta datang ke loket untuk membayar dan semuanya selesai.

Kalau tahu begitu saja caranya, dan semua mesti saya yang ngerjain, saya pun bisa lakukan sendiri tanpa perlu agen.

Saya menyesal sekali sudah mau-maunya diperas agen dan percaya kata-kata mereka ketika menakut-nakuti saya. Saya yang seharusnya cuma keluar uang HK230 eh malah kehilangan HK1200.

Hikmahnya dari pengalaman ini, baik untuk saya ataupun teman-teman, lain kali JANGAN percaya omongan apapun yang menakut-nakuti kita jika itu dari agen."

Konseling BMI