Cara Membayar Zakat Di Taiwan Bagi Para TKI

Cara Membayar Zakat Di Taiwan Bagi Para TKI

SUARABMI.COM - Salah satu kewajiban umat muslim di bulan suci Ramadhan selain berpuasa adalah untuk membayar zakat yang disebut dengan zakat fitrah. Zakat fitrah termasuk ke dalam salah satu rukun Islam. Zakat ini dapat dibayarkan pada bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul fitri.

Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh seorang muslim yang telah mampu melakukannya. Zakat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.
[post_ads]
Pada prinsipnya, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilangsungkan. Hal itu menjadi pembeda antara zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Memasuki minggu terakhir Ramadhan, bagi para pekerja migran Indonesia yang ingin menunaikan kewajiban untuk membayar zakat dapat segera menghubungi sejumlah lembaga yang mengurus pembayaran zakat fitrah secara resmi di Taiwan seperti yang tertera berikut ini:
Nah, selain cara diatas tentu juga masih ada amil - amil zakat yang belum bisa disebutkan oleh admin, mungkin dari sahabat TKI sudah mengetahuinya.

Sebaiknya zakat dibayarkan di negara tempat ia tinggal namun selain membayar di Taiwan, TKI juga bisa mewakilkan zakatnya kepada suami atau keluarga di Indonesia agar dibayarkan.
[post_ads_2]
Sementara para ulama telah membagi waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah ini dalam 5 jenis, yaitu:
  1. Waktu jawaz yang merupakan waktu boleh. Artinya adalah waktu yang diperbolehkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sejak dimulainya bulan Ramadlan
  2. Waktu wajib yakni waktu perlu dikeluarkannya zakat fitrah bagi siapa saja yang belum mengeluarkannya, yakni saat matahari telah terbenam pada hari terakhir bulan Ramadlan.
  3. Waktu afdhal atau waktu yang utama. Waktu ini adalah saat sebelum menuju pelaksanaan sholat hari raya idul fitri.
  4.  Waktu makruh, yakni waktu setelah dilaksanakannya sholat hari raya idul fitri.
  5.  Waktu haram yakni waktu sehari setelah berlangsungnya hari raya.
Jadi tunggu apalagi, mari segera tunaikan kewajiban anda untuk membayar zakat  fitrah sebelum hari kemenangan tiba.