6 Orang Tewas 200 Lebih Luka - Luka Dalam Kerusuhan Pasca Jokowi Diumumkan Sebagai Pemenang Pemilu

6 Orang Tewas 200 Lebih Luka - Luka Dalam Kerusuhan Pasca Jokowi Diumumkan Sebagai Pemenang Pemilu

SUARABMI.COM - Enam orang telah tewas dan 200san lainnya telah terluka dalam kerusuhan setelah pengumuman pemenang presiden Indonesia hasil hitung resmi, menurut gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Ini per jam 09.00 WIB. Jadi ada sekitar 200-an orang luka-luka," ujar Anies di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Dikutip dari South China Morning, para korban diketahui sebagai pendukung calon presiden yang kalah, Prabowo Subianto yang bentrok dengan pasukan keamanan dan membakar asrama brimob dan kendaraan pada hari Rabu pagi, dimana hasil pemilu menyatakan Joko Widodo telah memenangkan pilpres dan lanjut ke periode kedua dengan lebih dari 55 persen suara.
[post_ads]
Sebelas mobil dan tiga rumah dibakar dikawasan asrama Brimob Petamburan dan Pagi tadi, sekelompok massa bertindak anarkistis di sekitar Tanah Abang.

Beberapa pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan anti-Cina seperti "Usir Cina" dan "Awas Asing" (waspadalah terhadap orang asing) - yang ditujukan kepada Joko Widodo, yang telah dikritik karena mendukung komunitas Tionghoa Indonesia dan atas keterbukaannya terhadap investasi dari Tiongkok.
[post_ads_2]
Situasi berubah memanas dan kisruh pada Selasa malam ketika para demonstran mencoba memaksa masuk ke kantor bawaslu dan bentrokan berlanjut sepanjang malam, kata juru bicara Kepolisian Nasional Dedi Prasetyo. Lebih dari 20 tersangka provokator ditangkap, kata Prasetyo.

Polisi memastikan pihaknya tak menggunakan peluru tajam dalam menghalau massa. "Polisi tidak ada yang pakai peluru tajam," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (22/5).