Banyaknya Kasus Pencurian didalam Pesawat, Polisi Hong Kong Ingatkan Para Penumpang Untuk Berhati-Hati Terhadap Barang Bawaannya

Banyaknya Kasus Pencurian didalam Pesawat, Polisi Hong Kong Ingatkan Para Penumpang Untuk Berhati-Hati Terhadap Barang Bawaannya

Para pelancong atau Turis yang berpergian keluar masuk dari Bandara Internasional Hong Kong sedang diperingati untuk memberi perhatian ekstra pada tas bawaan mereka setelah serentetan pencurian terjadi dalam penerbangan. Pada hari Kamis(21/12), polisi mengungkapkan mereka telah menangkap tujuh pria dari daratan China sejauh ini sehubungan dengan 12 pencurian yang terjadi ketika pesawat terbang di udara.

Dikutip South China Morning Post,diantara kejahatan paling berani, seorang pria Aljazair yang terbang ke Hong Kong dari Turki menemukan bahwa HK $ 45.000 dolar AS di dompetnya hanya tersisa HK $2,700.
Pria itu sadar jika dia menjadi korban pencurian begitu dia meninggalkan pesawat, dan pencuri itu sejauh ini belum teridentifikasi.
[post_ads]
Sementara itu, kerugian terbesar melibatkan barang-barang berharga dan uang tunai senilai total HK $ 55.000. Enam dari tersangka, yang berusia antara 37 dan 50 sedang menunggu di pengadilan, sementara seorang pria ketujuh, yang ditangkap pada bulan April, sebelumnya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara.

Total 12 kasus adalah lima lebih dari yang dilaporkan sepanjang tahun lalu, tetapi tetap jauh lebih rendah dari 22 dan 77 kasus yang dilaporkan pada tahun 2016 dan 2015 masing-masing. Switching mata uang adalah kejadian umum dalam jenis pencurian, menurut inspektur detektif Annie Cheng Tsz-in.

"Kami ingin mengingatkan semua penumpang untuk menyimpan barang-barang berharga yang dekat dengan mereka, mengunci bagasi mereka, dengan hati-hati memeriksa tas mereka sebelum meninggalkan pesawat, dan mencari bantuan dari awak kabin tepat waktu," katanya.

Cheng mengatakan polisi juga telah memberikan pelatihan kepada pramugari untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang orang-orang yang mencurigakan dan kegiatan di pesawat.

 "Setidaknya dua kasus, baik pada bulan November, dilaporkan oleh awak kabin, dan di salah satu dari mereka pencuri itu dihentikan sebelum dia sampai ke properti korban," kata Cheng.
[post_ads_2]
Dalam hal ini, seorang pria ditemukan oleh seorang pramugari ketika dia mencoba memaksa membuka gembok dengan kuncinya sendiri. Dalam insiden lainnya, seorang pria lain ditangkap oleh awak kabin saat ia mengambil tas penumpang lain dari loker di atas kepala yang ada uang tunai 700 dolar AS dan 2.000 yuan.

Hukuman maksimum atas keyakinan pencurian pada penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai yang terdaftar di Hong Kong adalah 10 tahun penjara. Tetapi untuk pencurian pada penerbangan asing ke Hong Kong, hukuman maksimal adalah denda HK $ 50.000 dan dua tahun penjara.

Termasuk 12 pencurian, polisi bandara mencatat total 642 kejahatan antara Januari dan November tahun ini, sekitar tingkat yang sama dengan 2017 ketika ada 698 kasus untuk tahun ini.