Gempa 6,4 Skala Richter guncang Lombok: 10 korban meninggal, puluhan lainnya luka-luka

Gempa 6,4 Skala Richter guncang Lombok: 10 korban meninggal, puluhan lainnya luka-luka

SUARABMI.COM - Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR mengguncang Lombok dan Sumbawa. Berdasarkan data terkini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Nusa Tenggara Barat, selain 10 orang korban tewas, lebih dari 40 orang mengalami luka-luka dan puluhan rumah penduduk rusak, Minggu (29/7/2018).

“Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis yang dikutip Tempo, Minggu (29/7/2018).
[post_ads]
Pasca gempa bumi pertama yang mengguncang Lombok, Bali, dan Sumbawa pada pukul 05.47 WIB pagi ini. Hingga pukul 09.20 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 66 kali gempa susulan.

Gempa tersebut dirasakan di daerah Lombok Utara, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja, Gianyar dan beberapa wilayah di Bali. Sementara itu, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menjamin gempa yang terjadi saat ini tidak berpotensi tsunami.
[post_ads_2]
Lina, PMI asal NTB mengaku sangat terkejut dan khawatir saat pertama kali mendengar kabar tentang gempa dan langsung menghubungi keluarganya.

“Saya baru merasa lega ketika keluarga bilang gempa yang sampai ke tempat kami skalanya kecil. Keluarga saya tinggal di Bima, di kota, jadi lumayan jauh dari pusat gempa,” kata Lina kepada SUARA, Minggu, (29/7/2018).